Orang Tua yang Bebas

Seorang pria tua sederhana memilik kehidupan yang tenang sampai suatu hari desanya diambil alih oleh pasukan Nazi. Seorang tentara menyeretnya ke jalan dan berkata, "Mulai sekarang, Anda akan membiarkan saya tinggal di rumah Anda, dan setiap hari Anda akan membuatkan saya makanan, merapikan tempat tidur saya, dan membersihkan sepatu saya. Kalau tidak mau, maka aku akan membunuhmu. Apakah Anda mau melakukan apa yang saya katakan? " Orang tua itu tidak menjawab pertanyaan tersebut. 

Akhirnya selama dua tahun, pria tua itu memberi makan, menyemir sepatu, merapikan tempat tidur dan menaati setiap perintah tanpa terkecuali dan dia tidak mengatakan apa-apa.

Lalu suatu hari datanglah tentara Sekutu membebaskan desa tersebut. Saat tentara Sekutu menyeret tentara Nazi dari pondok, orang tua itu mengambil napas dalam-dalam dan akhirnya menjawab pertanyaan tersebut: "Tidak!" (Sheldon Kopp)

Ada bagian dari diri kita masing-masing yang tetap bebas meskipun ditekan oleh keadaan eksternal kita. Hal itu merupakan bagian yang memungkinkan kita untuk memilih bagaimana kita bereaksi dan kapan kita bereaksi. Hal itulah yang membuat kita menjadi manusia dan hal itu tidak bisa di kontrol orang lain.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url