Cerita Inspirasi: Respon Komputer ZX81 yang Cepat


Ketika saya berusia 12 tahun, saya sudah mulai membuat program pada komputer kecil ZX81. Pada masa itu, komputer ZX81 baru saja dirilis dan sangat menakjubkan. ZX81 adalah komputer rumah yang begitu populer, dan tentu saja tidak sebanding jika dibandingkan dengan spesifkasi computer saat ini.

Sebuah komputer modern saat ini bisa memiliki RAM sampai 4 Gigabyte bahkan lebih dan bisa memiliki hard disk sebesar 1 Terabyte. Namun lain halnya dengan ZX81, ZX81 hanya memiliki RAM sebesar 1 Kilobyte dan tidak memiliki hard disk sama sekali.

Sekarang, RAM 1 Kilobyte tentu saja ukuran yang sangat kecil. Sangat kecil mengingat komputer harus mengkompilasi setiap baris kode yang Anda masukkan. Pada komputer modern, Anda akan memasukkan semua kode dan kemudian mengkompilasinya menggunakan RAM yang besar. Anda hanya akan tahu bahwa Anda telah melakukan kesalahan dalam sintaks ketika Anda telah mengkompilasi.

Namun di ZX81, jika Anda membuat kesalahan sintaks dalam sebuah pernyataan, ketika anda menekan Enter, maka komputer dengan segera akan memberi tahu kepada Anda sebuah pesan "SYNTAX ERROR" yang besar dan jelas.

Makna dari cerita inspirasi ini:
Anda tahu, hidup ini juga seperti itu. Anda selalu mendapatkan umpan balik dengan segera, bahkan jika Anda tidak menyadarinya pada saat itu. Ketika Anda akhirnya benar-benar mulai melihat umpan balik yang Anda dapatkan dari setiap langkah yang telah Anda lakukan, Anda akan menyadari bahwa hal-hal yang yang menjadi hambatan bagi Anda sebenarnya tidak menjadi hambatan sama sekali.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url