Jangan Mau Menjadi Katak Rebus! - Cerita yang Bermanfaat


Tempatkan seekor katak dalam bejana berisi air, kemudian panaskan air tersebut. Ketika suhu air meningkat atau naik, maka katak akan berusaha untuk menyesuaikan suhu tubuhnya agar sesuai dengan suhu lingkungannya dan katak ini akan terus-menerus menyesuaikan suhu tubuhnya.

Namun, ketika air hampir mencapai titik didih, katak tersebut tidak akan mampu lagi menyesuaikan suhu tubuhnya. Pada saat inilah katak baru memutuskan untuk melompat keluar dari bejana. Katak akan mencoba untuk melompat tetapi ia tidak akan bisa melakukannya, karena tenaganya telah habis digunakan untuk menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu air.

Dengan segera katak itu mati. Jadi, apakah yang membunuh katak tersebut? Kebanyakan dari kita pasti akan mengatakan penyebabnya adalah air yang mendidih tadi.

Tetapi kebenaran yang sesungguhnya adalah Katak tersebut mati karena ketidakmampuannya untuk memutuskan kapan ia harus melompat keluar.

Kita semua perlu menyesuaikan diri dengan berbagai orang dan situasi, akan tetapi kita harus yakin kapan waktunya kita perlu menyesuaikan diri dan kapan waktunya kita harus menghadapi atau melawan. Ada kalanya kita harus menghadapi suatu situasi dan mengambil tindakan yang sesuai.
 
Jika kita membiarkan orang untuk terus mengeksploitasi kita secara fisik, mental, emosional atau finansial, maka mereka akan terus melakukannya. Kitalah yang harus memutuskan kapan waktu untuk melompat. Mari kita melompat selagi kita masih memiliki kekuatan! Renungkanlah cerita ini!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url